Semiotika Di Kehidupan Sehari hari

 Contoh Semiotika dalam sehari hari : 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh , Perkenalkan Nama Saya Muhammad Reza Fahlevi NPM 202146500698 

Kali ini saya akan menulis tentang ta'aruf. 

Semiotika adalah sebuah disiplin ilmu dan metode analisis yang dapat mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut. SEMIOTIKA berasal dari bahasa Yunani “Semeion”, yang berarti tanda. Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tanda (sign). Dalam pandangan Zoest, segala sesuatu yang dapat diamati atau dibuat teramati dapat disebut tanda. Dan tanda tidak terbatas pada benda (Zoest, 1993:18). 

Kata semiotika diturunkan dari bahasa Inggris, yaitu semiotics. Nama lain semiotika adalah semiology. 

Ada contoh Semiotika yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan saya , antara lain :

Mungkin sebagian orang agak terlihat asing dengan ta'aruf, karena ta'aruf ini berbeda dengan pacaran pada umumnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), taaruf adalah perkenalan. Kemudian, dalam konteks pernikahan, taaruf yang dimaksud ialah perkenalan dengan lawan jenis. Secara sederhana, taaruf merupakan proses perkenalan yang dilakukan oleh seorang laki-laki dengan perempuan Islam dengan didampingi pihak ketiga. 

Proses tersebut dilakukan untuk menemukan kecocokan antarkedua individu, sebelum menuju kepada tahapan selanjutnya, yaitu khitbah (lamaran).Taaruf sangat dianjurkan dalam Islam, ketimbang seorang laki-laki dan perempuan menjalin pacaran sebelum ke pelaminan. Sebab, jika pacaran dikhawatirkan mereka yang bukan muhrim melakukan zina. 

Tujuan Ta'aruf : 

Arti taaruf berarti proses mengenal antara laki-laki dan perempuan untuk mencari kecocokan sebelum proses pernikahan.

Pada prinsipnya, tujuan taaruf yaitu mencari jodoh yang sesuai, sekufu, dan diridai Allah Swt. Tidak boleh ada niatan mencoba-coba dalam hal perjodohan.

Tujuan lainnya yaitu untuk mengetahui data valid sesuai syariat Islam misalnya data perilaku, pengalaman, sikap, cara hidup sehari-hari, dan lain-lainnya dari si calon suami/istri.

Manfaat Ta'aruf : 

• Terhindar dari zina 

Jadi dalam prosesnya, ada larangan bagi perempuan dan laki-laki untuk berduaan tanpa adanya pengawasan dari mahramnya. Selain itu, lebih dapat memastikan kepastian proses berlangsung.

• Lebih adil 

Dalam hal ini semua bebas bertanya dan harus dijawab sejujurnya tanpa harus ditutupi karena ini proses membangun keterbukaan dalam pertukaran informasi.

• Lebih efektif

Proses taaruf adalah proses cepat dan sesuai kesepakatan bersama. Jadi, tidak membuang buang waktu dalam proses perkenalannya. Jika cocok maka dilanjutkan ke jenjang yang serius.

Cukup sekian tulisan dari saya jika ada kekurangan atau kesalahan kurang lebihnya saya mohon maaf wabillahi taufik wal hidayah wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.






Komentar

Postingan Populer